pasang iklan

Aplikasi Angkut'S (Angkut Sampah) Kota Pontianak

 Kota Pontianak setiap harinya menghasilkan 300 ton sampah dan 30%-nya adalah sampah anorganik yang bisa dimanfaatkan kembali. Saat ini hampir 100% sampah di Kota Pontianak dibuang ke TPA Batu Layang yang adalah satu-satunya TPA di Kota Pontianak. Dengan model pengelolaan sampah seperti sekarang TPA Batu Layang akan penuh dalam waktu 8 tahun dan tidak dapat lagi digunakan untuk menampung sampah yang dihasilkan Kota Pontianak.

ANGKUT'S (Angkut Sampah) hadir sebagai solusi atas permasalah tersebut.
ANGKUT'S adalah sebuah start up sociopreneur berbasis teknologi yang menyediakan solusi masalah sampah di Kota Pontianak dengan metode: "dipilah, di-ANGKUT'S, dimanfaatkan". ANGKUT'S juga mengedukasi penduduk kota untuk menjadi bagian dari solusi masalah sampah dengan menjadi warga kota yang SMART dalam mengelola sampah.

Baca Juga : Tips dan Cara Mendapatkan Air Bersih dan Sehat

ANGKUT'S adalah SMART SOLUTION masalah sampah bagi Pontianak SMART CITY. ANGKUT'S membantu memecahkan masalah sampah dengan mengubah sampah dari "dibuang" menjadi "sumber daya" yang dapat dimanfaatkan dan mendatangkan keuntungan melalui kerjasama seluruh Warga Pontianak. Tujuan ANGKUT’S selain ingin menjadi solusi masalah sampah adalah medorong pertumbuhan ekonomi kota melaui kegiatan bisnis dan sosial yang berkelanjutan.

Bagaimana ANGKUT'S melakukannya?
ANGKUT'S menyediakan jasa mengangkut sampah dari rumah penduduk.
Apa yang berbeda?
ANGKUT'S "mengangkut" sampah yang telah dipilah untuk kemudian dimanfaatkan kembali. Pemilik sampah yang telah memilah sampahnya akan dibayar oleh ANGKUT'S.
Bagaimana bila pemilik tidak memilah sampahnya? ANGKUT'S akan membantu memilahnya tetapi kali ini ANGKUT'S yang akan dibayar.
Bagaimana menguhubungi ANGKUT'S?
ANGKUT'S dihubungi melalui aplikasi pada smartphone yang diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Selanjutnya pemilik sampah dapat memilih untuk memesan atau berlangganan jasa ANGKUT'S. Sampah pengguna jasa ANGKUT'S akan dapat dimanfaatkan kembali hanya melalui beberapa "klik" di layar smartphone!

Apa saja yang sudah dilakukan ANGKUT'S?
Sebelum warga Kota Pontianak dapat merasakan manfaat ANGKUT'S, beberapa langkah persiapan telah dilakukan, yaitu:

1. Sosialisasi dan edukasi:
Kunci pemanfaatan sampah adalah pemilahan. ANGKUT'S mensosialisasikan dan mengedukasi cara serta manfaat pemilahan sampah yang SMART. ANGKUT'S telah memulainya dengan melakukan beberapa kegiatan seperti:
- Expo SD/SMP Muhammadiyah 2016 (30, 31 Januari, 1 Februari 2016)
- Lomba dan games mengenali sampah dan memilah sampah.
- Tampil di acara Bincang Khatulistiwa Kompas TV Pontianak.
- Mengisi kolom berita di The Tanjungpura Times.
- Berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Teknik Untan dalam kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM).
Selanjutnya ANGKUT'S akan tampil dan muncul di:
- Expo American Corner (16 Februari 2016).
- Media massa di Provinsi Kalimantan Barat (cetak dan online).
- Expo Fakultas Teknik Untan (Mei 2016).
Dan...kegiatan lainnya. ANGKUT'S akan terus mengedukasi penduduk untuk menjadi warga kota yang SMART dalam mengelola sampahnya.

2. Pengembangan Mitra:
Kerjasama adalah kunci kedua dalam pengelolaan sampah yang sukses dan berkelanjutan. ANGKUT'S bekerja bersama dengan pemerintah kota untuk mengelola sampah dan dengan berbagai kelompok masyarakat untuk memanfaatkan sampah. Kerjasama akan terus berkembang dan diperluas. ANGKUT'S membuka peluang masyarakat atau kelompok masyarakat untuk bekerjasama. Mungkin anda perusahaan daur ulang sampah? perusahaan pembuat kompos? penjual tanaman yang memerlukan pupuk kompos? Perusahaan jasa angkutan? Semua dapat bekerjasama dengan ANGKUT'S.

3. Operasional ANGKUT'S
ANGKUT'S akan mulai beroperasi pada beberapa wilayah di Kota Pontianak dan terus diperluas hingga melayani seluruh kota.

Oke, itu dulu yang dapat disampaikan oleh ANGKUT'S. Tetap SMART dan jangan lupa ... sampah adalah sumberdaya, pilah, pilih dan manfaatkan kembali sampah anda. Persiapkan diri Anda untuk kedatangan ANGKUT'S.

Baca Juga : 5 trik cara ampuh membuang sampah atau limbah

Subscribe untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami

0 Response to "Aplikasi Angkut'S (Angkut Sampah) Kota Pontianak"

Post a Comment

Terima kasih jika sudah mengomentari artikel saya karena saya juga manusia yang biasa tidak luput dari kesalahan.