pasang iklan

5 trik cara ampuh membuang sampah atau limbah

 Hari ini saya memberikan sebuah informasi bahaya dari sampah atau limbah yang sudah berkepenjangan dan dalam waktu yang akan datang sampah akan mendominasi daripada manusia oleh karena itu janganlah membuang sampah sembarangan agar bumi ini sehat dan hijau. Banyak pendapat dan para ahli menyebutkan bahwa sampah tidak akan ada habisnya bayangkan saja jika  anda tinggal di suatu daerah yang pemukiman padat penduduk maka setiap hari ada 300 sampai 500 ton perhari buang sampah, itu belum termasuk sampah yang ada di sungai, selokan, lapangan terbuka dan tempat lain-lain. Inilah yang dikhawatirkan oleh seluruh elemen masyarakat dari yang kaya sampai yang miskin karena belum ada cara untuk menghentikan sampah hanya saja dapat meminimalisir penggunaan sampah.

 Banyak komunitas-komunitas pemuda hijau yang terbentuk dari sendiri maupun dari pemenrintah, akan tetapi itu hanya sebagian aktivitas kecil untuk mengurangi sampah, sedangkan penggunaan barang-barang yang tidak digunakan begitu besar dan banyak. Jika saya membandingkan sampah yang tiap hari dibuang dan aksi untuk mengurangi sampah adalah 20:100 maka begitu besarnya pengaruh dampak sampah atau limbah yang ditimbulkan.

Bagaimana caranya agar kita bisa mengurangi limbah atau sampah, agar bumi ini tetap sehat dan bersih?

Ada 5 tips untuk membuang sampah maupun limbah
1. Gunakanlah plastik atau kantong belanjaan dari rumah setiap kali kita belanja atau membeli barang.
Kebanyakan ibu rumah tangga sering berbelanja dengan kantong yang baru dari supermarket maupun pasar lokal agar lebih mudah dan praktis. Padahal jika kita lihat saja penggunaan plastik tiap hari dari produksi pabrik itu rata-rata 50-80 ton perhari. Plastik bisa dari ukuran kecil hingga yang besar untuk muat suatu barang atau belanjaan.

2. Buanglah sampah dengan tepat
Maksudnya adalah sekarang jaman sudah modern jadi ada alat yang bisa mengelolah sampah organik bisa jadi pupuk kompos, sedangkan sampah organik bisa dijadikan di daur ulang seperti pada artikel saya yang lain cara-langkah-sederhana-kurangi-emisi.

3.  Limbah buangan dari domestik maupun rumah makan
Kebanyakan limbah domestik atau rumah makan asal buang saja ke sungai dan selokan padahal sebelum itu bisa dibuang ke tanah dan diserap melalui tanah. Oleh karena itu ada beberapa tumbuhan dan tanah yang mampu menyerap limbah akan tetapi berdampak pada unsur hara tanah dan binatang melata seperti cacing.

4. Cobalah untuk membuang sampah pada jam tertentu
Pemerintah sudah memberikan arahan waktu pada membuang sampah dari jam 18.00 WIB - 06.00 WIB, pada saat itu kita harus membuang sampah agar dengan nyaman tidak menimbulkan udara yang bau tidak sedap. Jika lewat dari jam yang sudah ditentukan oleh Pemerintah maka akan mendapatkan sanksi yang tegas dan membayar denda sebesar Rp. 50.000.000 atau lima puluh juta rupiah.

5. Selalu membersihkan sampah setiap minggu
Dalam kehidupan ada hari dan waktu di mana pada saat itu tidak aktivitas kerja maupun belajar jadi itu adalah  hari minggu kita bisa membersihkan sampah di rumah dan di parit agar selalu bersih terhindar dari penyakit seperti DBD (Demam Ber Darah) dan selokan atau parit pada saat dibersihkan air tidak mengalami genangan atau banjir karena akibat banyaknya sampah di parit.

Nah sekian dari saya semoga bermanfaat bagi anda untuk kita semua, agar lingkungan kita sehat dan bersih dan anak-anak terhindar dari penyakit pada saat musim hujan.

Baca Juga : Aplikasi Angkut'S (Angkut Sampah) Kota Pontianak

Subscribe untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami

2 Responses to "5 trik cara ampuh membuang sampah atau limbah"

  1. nice articles
    find latest jobs in your locations
    http://www.jobsalert.online/

    ReplyDelete
  2. Play Free Online Game | Gods of Olympus
    Play Gods of 예스카지노 Olympus for free in GOD of Olympus for fun mode or practice, Olympus was designed with the 온라인카지노 aim to play as a young soldier for all kinds of

    ReplyDelete

Terima kasih jika sudah mengomentari artikel saya karena saya juga manusia yang biasa tidak luput dari kesalahan.