pasang iklan

Kebisingan Persepsi Tingkat (PNL)

KEBISINGAN PERSEPSI TINGKAT (PNL)

Sebuah skala yang dikembangkan awalnya oleh KD Kryter pada tahun 1959 untuk mencoba untuk mengukur kebisingan yang dirasakan pesawat jet oleh pengamat di tanah. Skala telah diadopsi oleh Organisasi Standar Internasional untuk penggunaan internasional.

Sebagai mesin jet yang dianggap ribut dari pesawat baling-baling karena perbedaan dalam SPECTRUM dari kebisingan yang mereka hasilkan, metode mengikuti pendekatan yang sama dengan SUARA NYARING penjumlahan dari KOMPLEKS TONE s. Menggunakan SAMA KENYARINGAN CONTOURS , Kryter dikonversi skala desibel menjadi serangkaian kenaikan, yang ia memberikan unit NOY . Dari grafik di sebelah kanan grafik, skala noy dapat dikonversi menjadi PNdB. Persamaan mengekspresikan hubungan ini (analog dengan hubungan antara Phon dan SONE ) adalah:
PNdB = 40 + 10 log 2 (noy)
The Desibel skala di sebelah kiri grafik untuk FLAT respon. Dalam mengubah desibel pada A PEMBOBOTAN JARINGAN ke PNdB, metode yang sangat kasar adalah dengan menambahkan 12 dB; sehingga 100 dBA = 112 PNdB. Kecenderungan saat ini adalah untuk banyak bandara 'teoritis' untuk menerima 110-112 PNdB untuk siang hari penerbangan dan 100 PNdB penerbangan malam; tetapi batas ini lebih umum daripada teoritis sebenarnya, dan mereka masih sangat tinggi.
Lihat juga: EFEKTIF PERSEPSI TINGKAT KEBISINGAN , KEBISINGAN DAN INDEKS NOMOR , NOISE SAMBUNGAN PRAKIRAAN . Bandingkan: MASYARAKAT TINGKAT KEBISINGAN SETARA , TINGKAT KEBISINGAN , POLUSI TINGKAT KEBISINGAN , TINGKAT SUARA .
Metode yang tepat menghitung noys analog dengan indeks kenyaringan penjumlahan dijelaskan di bawah SUARA NYARING dan Lampiran F Lihat juga:. SUARA NYARING LEVEL.
Kontur kebisingan yang dirasakan (dari ISO R507 rekomendasi, 1966).
Ref .: KD Kryter, "Arti dan Pengukuran Persepsi Tingkat Kebisingan," Noise Control 6:.. 5, September-Oktober 1960, hlm 12-17; KD Kryter, "Scaling Reaksi Manusia Suara dari Pesawat," Journal of Acoustical Society of America, vol. 31, 1959, p.1415; Rekomendasi ISO No. R507.

KEBISINGAN DAN INDEKS NOMOR (NNI)
Awalnya dirancang oleh Komite Wilson pada Kebisingan di Inggris (1963), Kebisingan dan Indeks Number adalah upaya untuk mengukur kebisingan subjektif pesawat. Ia menggunakan PNdB sebagai dasar dan tambahan memperhitungkan jumlah pesawat per hari (atau malam) sebagai faktor kunci jengkel. Rumus NNI adalah sebagai berikut:
NNI = (rata-rata Puncak PNdB) + 15 (log 10 N) - 80
di mana N adalah jumlah pesawat, puncak rata-rata PNdB adalah rata-rata logaritmik dari tingkat tertinggi dari semua overflights, dan 80 adalah nilai dikurangi untuk memperhitungkan temuan survei sosial yang menunjukkan bahwa faktor jengkel adalah nol pada 80 PNdB (lihat grafik di bawah).
Lihat: NOISE SAMBUNGAN PRAKIRAAN , KEBISINGAN PERSEPSI TINGKAT . Bandingkan: TRAFFIC INDEX KEBISINGAN .
Jika jumlah penerbangan diketahui, PNdB dapat dikonversi menjadi NNI cukup mudah. (. Kira-kira 92 dBA) misalnya, dengan asumsi puncak rata-rata 105 PNdB dan jumlah penerbangan menjadi 140, konversi akan menjadi sebagai berikut:
NNI = 105 PNdB + 15 (log 10 140) - 80
= 105 + 15 (2,146) - 80
= 105 + 32-80
NNI = 57
Kebisingan dan skala Indeks Nomor berjalan 0-60 dan mengikuti hasil survei sosial, Komite Wilson ditugaskan nilai jengkel indeks seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini. Komite Wilson dianggap bahwa paparan bising pesawat mencapai tingkat yang tidak masuk akal dalam kisaran 50 - 60. Perbedaan dari 10 NNI sesuai baik untuk peningkatan tingkat puncak 10 PNdB atau empat kali lipat dari jumlah penerbangan pada periode. Bandingkan grafik di bawah MASYARAKAT TINGKAT KEBISINGAN SETARA . Lihat juga: GANGGUAN SUARA .

Hubungan antara Peringkat jengkel dan Kebisingan dan Indeks Nomor diperoleh dari survei sosial dan Farnborough percobaan. Dari: Komite Wilson pada Masalah Kebisingan, Kebisingan: Laporan Akhir, Cmnd 2056, London, HMSO, 1963, hlm. 208, digunakan dengan izin.
EFEKTIF PERSEPSI TINGKAT KEBISINGAN (EPNL)
Sebuah modifikasi TINGKAT KEBISINGAN PERSEPSI untuk memperhitungkan komponen nada dalam pesawat BROAD BAND NOISE , serta durasi kebisingan. Hal ini diukur dalam EPNdB, dan didefinisikan sebagai Tingkat Kebisingan Perceived (PNL) di PNdB ditambah koreksi nada dan koreksi durasi. Hal ini digunakan secara umum oleh US Federal Aviation Administration sertifikasi pesawat.
The EPNL pengukuran didasarkan pada persamaan berikut:
EPNL = PNL max + 10 log (t 10/20) + F (dB)
di mana PNL max adalah tingkat kebisingan maksimum yang dirasakan selama flyover di PNdB, t 10 adalah durasi (dalam detik) dari tingkat kebisingan dalam 10 dB dari puncak PNL, dan F adalah koreksi untuk PURE TONE s (yang umumnya ditemukan lebih menyebalkan daripada suara pita lebar tanpa nada dirasakan). Dalam prakteknya, F adalah sekitar 3 dB.
The NOISE SAMBUNGAN PRAKIRAAN (NEF) didasarkan pada pengukuran EPNL dan dengan demikian memerlukan perhitungan komputer.
3     Penentuan Tingkat Dikoreksi Kebisingan (CNL)
3.3.1     Umum
Dimana suara sedang diselidiki dianggap oleh Otoritas memiliki karakteristik tonal, impulsif atau intermiten, koreksi yang tepat harus dilakukan untuk MNL untuk mendapatkan CNL, sebagai berikut.
   
3.3.2     Koreksi untuk nada suara
Sebuah koreksi untuk nada suara harus diterapkan jika, antara 31,5 Hz dan 16 kHz, setiap band yang oktaf atau sepasang berdekatan band oktaf dari A-tertimbang spektrum suara diselidiki memenuhi semua kondisi berikut:
(A)     tingkat band oktaf sepertiga di bawah pertimbangan, atau, dalam kasus sepasang band, tingkat band tertinggi pada pasangan itu, tidak lebih dari 15,0 dB di bawah tingkat tertinggi pita oktaf ;
   
(B)     tingkat band oktaf di bawah pertimbangan, atau, dalam kasus sepasang band, rata-rata aritmatika dari tingkat dua band, lebih dari 1,0 dB lebih tinggi dari tingkat masing-masing band yang berdekatan pada kedua sisi band atau sepasang band yang dipertimbangkan; dan
   
(C)     perbedaan tingkat, yang dikenal sebagai faktor nada suara, nada f, antara tingkat band oktaf di bawah pertimbangan, atau, dalam kasus sepasang band, rata-rata aritmatika dari tingkat dua band, dan Rata-rata aritmatika dari tingkat band yang berdekatan di kedua sisi band atau sepasang band yang dipertimbangkan adalah 3,0 dB atau lebih.

Leq adalah metode yang disukai untuk menggambarkan tingkat suara yang berbeda-beda dari waktu ke waktu, sehingga dalam satu desibel nilai yang memperhitungkan total energi suara selama periode waktu yang menarik ..
Leq - tingkat kebisingan kontinyu setara:
Tingkat kebisingan sering berfluktuasi atas berbagai dengan waktu. Misalnya di tengah malam tingkat mungkin turun serendah 30dB (A) dengan kendaraan yang lewat sesekali 70dB (A) atau lebih. Kemudian datang fajar paduan suara diikuti oleh suara umum hari sebelum kembali perdamaian relatif di malam.
Atau mungkin sebuah pabrik dengan emisi yang berbeda suara sepanjang hari atau minggu, dengan pengiriman, kompresor terputus-putus, dan banyak dari berbagai proses berisik di atas tingkat kebisingan produksi rutin.
Bagaimana Anda mengukur tingkat kebisingan ini dan datang dengan nilai keseluruhan?
Di sinilah suara Leq atau setara terus menerus meteran tingkat kebisingan masuk. Meteran ini setia mengikuti semua fluktuasi, menyimpannya dalam memori itu dan pada akhir pengukuran menghitung sebuah 'energi rata-rata' atau nilai Leq. Ketika kita mengatakan rata-rata, ini bukan rata-rata aritmatika sederhana karena kita mengukur dalam desibel yang logaritmik nilai. Jadi meteran kami mengubah nilai-nilai dB untuk suara tingkat tekanan , menambahkan mereka semua kemudian membagi dengan jumlah sampel dan akhirnya mengubah tingkat setara ini kembali ke desibel - DBS .

Subscribe untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami

0 Response to "Kebisingan Persepsi Tingkat (PNL)"

Post a Comment

Terima kasih jika sudah mengomentari artikel saya karena saya juga manusia yang biasa tidak luput dari kesalahan.