pasang iklan

4G: Sumbangan Indonesia untuk Dunia

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan manusia terhadap jaringan internet semakin meningkat. Mencari informasi, mencari hiburan, mengirim surat elektronik, berkomunikasi melalui sosial media, jual beli dalam jaringan (online), dan masih banyak lagi aktivitas yang bertumpu pada internet. Alias kalau tidak ada jaringan internet tidak akan terlaksana. Demikian pula jika terjadi gangguan jaringan, yang lemot-lah, putus-putuslah, akan berakibat pada kelancaran aktivitas-aktivitas tersebut. Oleh karena itu, ditemukannya 4G merupakan anugerah bagi banyak orang, terutama yang sudah bergantung pada internet.
4G merupakan singkatan dari fourth-generation technology. Maksudnya, 4G adalah generasi ke empat dari teknologi telepon selular yang merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya, yakni 3G dan 2G. 4G memungkinkan Anda untuk bisa mengakses internet lebih cepat, yakni 100Mb/detik sampai dengan 1Gb/detik kapanpun dan di mana pun. Itulah sebabnya, 4G sangat digandrungi baru-baru ini. Bahkan beberapa operator selular juga menawarkan paket 4G, yakni Telkom, XL, Indosat, dan Bolt.
Ternyata teknologi jaringan internet yang begitu bermanfaat tersebut merupakan karya dari anak bangsa. Tepat sekali, penemu 4G adalah orang Indonesia. Beliau adalah Khoirul Anwar yang merupakan alumni dari Teknik Elektro ITP. Lelaki kelahiran Kediri tersebut merupakan penemu sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Beliau menyelesaikan studi S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST). Lelaki yang telah bergelar profesor ini juga penerima penghargaan IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS).
Anwar menjadi satu di antara anak bangsa yang telah membuat Ibu Pertiwi bangga. Ditemukannya 4G menambah prestasi Indonesia di bidang teknologi, yang memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Sekali lagi menjadi bukti bahwa SDM pribumi tidak kalah dengan SDM asing. Semoga akan ada lebih banyak lagi prestasi yang ditorehkan oleh anak negeri, bukan semata-mata untuk nama bangsa, melainkan juga menjadikan hidup yang lebih baik.
Demikianlah sekilas informasi terkait 4G. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan kebanggaan kita terhadap Indonesia.
Baca juga : Selo: Polemik Mobil Listrik Buatan Indonesia

Subscribe untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami

6 Responses to "4G: Sumbangan Indonesia untuk Dunia"

Terima kasih jika sudah mengomentari artikel saya karena saya juga manusia yang biasa tidak luput dari kesalahan.