pasang iklan

PARAMETER FISIK

   Air limbah yang masuk ke dalam sistem berfluktuasi tergantung dari kegiatan dari laboratorium. Selama penelitian berlangsung kecepatan air limbah yang masuk berkisar antara 100-500 L/hari. Apabila air limbah yang masuk ke dalam sistem melebihi 250 L/hari, maka waktu tingal di dalam sistem berkurang dari 24 jam. Kondisi fisik lahan basah buatan dapat dilihat pada point di bawah ini.
  • Kisaran pH demikian sesuai dengan kondisi yang memungkinkan berlangsungnya proses-proses biologis dan sedimentasi dari beberapa jenis logam berat.
  • Dalam penelitian ini suhu relative stabil, karena di daerah tropis perbedaan suhu siang dan malam serta musim hujan dan kemarau tidak terlalu besar. Suhu effluent lebih tinggi sedikit dari suhu influent karena air hasil pengolahan di effluent disimpan di dalam tanki tertutup, yang menyebabkan suhunya meningkat sedikit.
  • Kenaikan kadar oksigen terlarut pada kolam-kolam yang bersisi tanaman air, disebabkan karena bertambahnya oksigen terlarut yang berasal dari proses fotosintesis tanaman air, di mana jumlahnya tidak tetap dan tergantung dari jumlah tanaman dan oksigen dari atmosfer (udara) yang masuk kedalam air dengan kecepatan terbatas.
  • Konduktivitas di effluent mengalami penurunan yang menunjukkan menurunnya partikel/ion pencemar.
  • Nilai turbiditas relative menurun dari influen ke effluent, sehingga hasil akhir berupa air olahan yang jernih.
Logam Berat
   Kandungan logam berat yang terdapat dalam air limbah laboratorium mempunyai nilai yang berfluktuasi, tergantung pada zat-zat yang dipergunakan di laboratorium yang ikut terbawa air buangan. Hal ini menyebabkan konsentrasi di influen berfluktuasi, tergantung pada kegiatan pembuangan air dari laboratorium yang menuju ke aliran permukaan dan aliran bawah permukaan.

   Penyisihan logam-logam Cu,Zn,Mn dan Fe berlangsung baik di dalam lahan basah buatan. Penyerapan adalah mekanisme yang utama dari penyisihan logam berat dari air buangan. Sedangkan akumulasi di dalam bio massa tumbuhan hanya memegang peranan yang kecil.

Subscribe untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami

0 Response to "PARAMETER FISIK"

Post a Comment

Terima kasih jika sudah mengomentari artikel saya karena saya juga manusia yang biasa tidak luput dari kesalahan.